X

Psikolog Cinta Dan Cabang Ilmu Psikologi Unik Lainnya

D’RIMers pasti udah gak asing lagi kan sama berbagai jenis tes psikologi yang ada di internet. Dari mulai tes kepribadian sampai tes hubungan cinta. Tahukah kamu, tes tersebut tidak dibuat asal-asalan, ada psikolog yang memang khusus merancang tes itu.

Di artikel kali ini RIM akan mengulik lebih jauh nih tentang lima cabang profesi psikolog yang pastinya seru-seru banget, D’RIMers. Psikolog apa aja sih kira-kira? Yuk mari cari tahu!

1. Psikolog Sastra

Psikolog sastra adalah orang yang bekerja menganalisis karakter manusia dari tulisan ataupun karya sastra yang dibuat. Psikolog sastra juga bisa mengungkapkan perasaan yang dirasakan seseorang ketika membaca suatu karya sastra. Profesi ini bermanfaat untuk mengetahui karakter seseorang dari karya seni yang dihasikan. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang psikolog sastra adalah kemampuan analisis yang kuat.

2. Psikolog Media Dan Komunikasi

Psikolog ini mempunyai peran untuk membuat pesan yang ingin disampaikan oleh suatu media dapat diterima dengan baik oleh para penikmat suatu media. Gak hanya itu loh, psikolog ini juga berperan untuk menilai seberapa besar dampak suatu program media untuk penikmatnya. Psikolog media dan komunikasi biasanya juga berhubungan dengan public figure.

3. Psikolog Cinta

Kalau kamu suka ikut tes psikologi cinta di media sosial, maka kamu harus kenal sama profesi profesi psikolog cinta. Psikolog cinta mempunyai peran untuk membantu seseorang untuk menyelesaikan masalah cinta. Tapi ingat D’RIMers, masalah cinta tidak selalu berorientasi pada pasangan, tapi juga cinta pada sesama, keluarga, dan tentunya diri sendiri.

4. Psikolog Tipologi

Nah, kalau psikolog tipologi mempunyai peran untuk menguraikan berbagai karakter manusia D’RIMers. Tes inilah dari psikolog tipologi inilah yang paling sering kita temukan di internet. Contoh tes psikologi tipologi yang sering ditemui di internet adalah tes kepribadian sanguinis, koleris, melankolis atau plegmatis.

5. Psikolog Klinis

Psikolog klinis adalah psikolog yang berperan menentukan kapasitas serta karakteristik tingkah laku individu. Psikolog klinis biasanya bekerja di rumah sakit. Namun, tidak jarang pula seorang psikolog klinis memiliki tugas untuk memotivasi para narapidana di lapas termasuk narapidana yang akan di eksekusi mati. Hal ini dilakukan untuk menenangkan narapidana agar tidak stres menghadapi situasi yang harus dihadapi. Seorang psikolog klinis yang bekerja di lapas harus memiliki sifat sabar, tulus dan ikhlas yang sangat tinggi. Karena biasanya seorang narapidana memiliki tingkat kesensitifan yang cukup tinggi. (PHP)

Be Adventurous, Creative and Positive!