X

Patung Ratu Inggris Ngupil Dan Patung Unik Lainnya Karya Seniman Spanyol

Perempuan dan karya seni adalah dua hal yang tak terpisahkan. Di beberapa kebudayaan besar dunia, sosok perempuan selalu menarik dan tak pernah selesai untuk dibahas. Perempuan dinilai memegang peranan penting dalam sebuah peradaban. Ia juga menjadi pusat kajian dan inspirasi para seniman dunia.

Di era Renaissance, misalnya. Sosok perempuan banyak menginspirasi seniman dunia, baik dari kecantikan paras, busana maupun perannya. Banyak seniman menjadikan perempuan sebagai objek mahakarya. Sebut saja Leonardo da Vinci, Michaelangelo, dan Donatello.

Serupa di era yang berbeda, seniman asal Spanyol, Gerard Mas membuat karya seni yang terinspirasi dari perempuan terkenal di era Renaissance. Uniknya, karya Gerard berbeda 180 derajat karena sang seniman membayangkan mereka hidup di zaman modern.

Mendobrak Citra Cantik Perempuan Era Renaissance

patung unik

Perempuan di era Renaissance, menyukai tampil modis. Untuk pakaian, dibuat khusus dari kain mahal seperti beludru, sutra, brokat dengan benang emas dan perak. Kebanyakan gaun dihiasi dengan bordir atau anyaman ornamen bunga. Pilihan warna pun sangat diperhatikan seperti hijau, hijau zamrud, anggur merah. Sementara untuk tampilan wajah, perempuan di era itu tampil dengan dahi bulat tinggi alias jenong dan tanpa bulu mata dan alis.

patung unik

Meski tampil dengan pakaian dan dandanan era Renaissance, beberapa karakter yang diciptakan Gerard justru tampil dengan gaya rebel. Ada yang memakai tindik, tato wajah, behel bahkan kulit kecokelatan seperti habis berjemur di pantai.

“Saya memikirkan jutaan sikap dan situasi yang tidak dapat ditangkap oleh karya seni lama karena hal itu tidak pantas untuk wanita di abad ke-15,” ujarnya, seperti dikutip dari My Modern Met.

Patung Anne Boleyn Ngupil

 

patung unik

Anne Boleyn adalah Ratu Inggris dari tahun 1533 – 1536 dan istri dari Raja Henry VIII. Dia merupakan Ratu Inggris pertama yang dihukum mati di depan umum. Masa kecil dan remaja Anne dihabiskan di Eropa dan diisi dengan menjadi pendamping ratu Inggris dan Perancis. Penampilannya yang sopan dan santun mengundang banyak kekaguman di kalangan istana.

Anne Boleyn versi Gerard Mas ini bukan satu-satunya patung yang bergaya ‘tak sopan’. Patung yang lain pun tampil dengan gaya yang tak kalah nakal dengan lidah menjulur, menutup hidung, mengunyah permen karet, atau meniup gelembung. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!