X

Negara-Negara Dengan Tinggi Badan Rata-Rata Terpendek Di Dunia, Indonesia Termasuk Salah Satunya!

D’RIMers, berapa sih tinggi badan kamu? Orang Asia emang udah terkenal memilki tinggi badan yang lebih pendek jika dibandingkan orang dari belahan dunia lainnya. Namun siapa sangka kalau ternyata Indonesia memilki tinggi badan rata-rata terpendek kedua di dunia! Tapi gak perlu sedih karena Indonesia bukan satu-satunya negara yang penduduknya pendek-pendek. Berikut lima besar negara dengan tinggi badan rata-rata terpendek di dunia.

5. Peru

Diantara negara-negara Amerika Selatan lainnya, Peru menduduki peringkat kedua negara dengan rata-rata tinggi badan terpendek dan peringkat kelima dunia. Selain karena gen, kekurangan gizi pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Tinggi badan rata-rata orang Peru adalah 157 cm.

4. Sri Lanka

Sri Lanka memilki populasi orang dewasa dengan tinggi badan rata-rata sekitar 156 cm. Tinggi badan orang dewasa dipengaruhi oleh faktor nutrisi yang baik pada masa kanak-kanak. Sebuah penelitian menunjukan bahwa di Sri Lanka kesehatan gizi anak-anak tidak berubah sejak 10 tahun terakhir.

3. Filipina

Filipina memiliki masalah gizi buruk yang mempengaruhi tinggi rata-rata orang dewasa yang saat ini hanya sekitar 156 cm. Dilansir dari Worldatlas.com, Departemen Pendidikan Filipina menyatakan bahwa 1,8 juta anak-anak di Filipina kekurangan gizi yang menyebabkan stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Menurut UNICEF, stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO.

2. Indonesia

Penduduk Indonesia merupakan penduduk dengan tinggi badan rata-rata terpendek di Asia dan peringkat kedua terpendek di dunia. Selain dipengaruhi oleh gen, faktor lain seperti kemiskinan, kelaparan dan kekurangan gizi juga menjadi penyebab kenapa tinggi badan rata-rata orang Indonesia hanya 152 cm.

1. Bolivia

Inilah negara yang tinggi badan rata-rata penduduknya nomor satu terpendek di dunia, yaitu Bolivia. Sebagai negara termiskin di Amerika Selatan, malnutrisi jadi salah satu masalah utama di negara ini, D’RIMers. Menurut statistik, satu dari tiga anak di Bolivia mengalami malnutrisi kronis. Faktor genetika dan hormonal pun mempengaruhi pertumbuhan penduduk Bolivia. Tinggi badan rata-rata negara ini adalah 150 cm. (TDA)