X

Mitos Aneh Yang Dipercaya Orang Zaman Dulu

Kepercayaan dan kebiasaan orang zaman dulu sangatlah bertolak belakang dengan kebiasaan orang saat ini. Kekurangan informasi dan ilmu pengetahuan adalah penyebab utama perilaku tersebut. Hal tersebutlah yang membuat mitos yang dipercaya orang zaman dulu terlihat aneh dan mengerikan jika dilihat di zaman modern seperti saat ini. Mitos aneh tersebut disampaikan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Berikut adalah beberapa mitos aneh yang dipercaya orang zaman dulu.

Gak Boleh Ngomongin Orang Saat Sedang Hamil

Pasti D’RIMers udah sering dengar yang satu ini. Orang tua selalu berpesan kepada anaknya terutama yang sedang hamil untuk gak ngomongin orang lain. Katanya sih kalau ibu hamil suka ngomongin orang, kelak anaknya nanti akan mirip sama orang yang diomongin sang ibu.

Gunting Kuku di Malam Hari Bikin Hidup Jadi Pendek

Serem gak tuh, D’RIMers? Mungkin zaman dulu orang percaya menggunting kuku di malam hari itu sama dengan menggunting kehidupan. Dan alasannya gak boleh gunting kuku di malam hari karena malam hari itu dipercaya sebagai waktu yang keramat pada zaman dulu.

Membuka Payung di Dalam Rumah Bisa Menimbulkan Malapetaka

Semua orang tau payung berguna buat melindungi kita dari hujan dan juga panas terik matahari di luar. Jadi logikanya sih payung memang buat digunain di luar, bukan di dalam ruangan. Mungkin ini yang bikin orang zaman dulu beranggapan kalau payung dibuka di dalam rumah gak bagus dan bisa menimbulkan malapetaka.

Dilarang Bersiul di Malam Hari

Lagi-lagi di malam hari, waktu yang dipercaya orang zaman dulu sebagai waktu yang keramat. Orang zaman dulu percaya bahwa jika seseorang bersiul di malam maka akan mengundang datangnya makhuk halus yang akan menganggu dan membawa musibah bagi keluarga tersebut.

Kalau Nyapu Harus Bersih Biar Suaminya Gak Brewokan

Hal semacam ini digunakan para orang tua untuk melatih anak perempuannya agar bisa mengurus urusan rumah tangga. Ancaman untuk mitos ini tidak main main, suaminya brewokan. Zaman dulu anak-anak pastinya takut melihat orang brewokan. Tapi kalau zaman sekarang mungkin yang ada anaknya malah senang sama jodoh yang brewokan ya, D’RIMers? (TDA)

Be Adventurous, Creative and Positive!