X

Mata Kuliah Selebriti, Solusi Belajar dan Penarik Minat Ala Kampus-kampus di Eropa

Terlepas dari segala sensasi yang dilakukannya, dunia akademis rupanya mulai tertarik dengan kehidupan selebriti untuk dijadikan sebuah mata kuliah. Ya, mata kuliah selebriti. Jadi tak hanya jadi bahan bahasan di media sosial, dalam sebuah kelas pun beberapa selebriti bisa dibahas dengan lebih serius.

Bukan tanpa alasan, kelas ini dibuat agar mahasiswa merasa lebih dekat dan tertarik untuk belajar. Mata kuliah selebriti ini juga diciptakan untuk menjadi solusi belajar dengan bentuk lain. Intinya biar gak membosankan, jadi ada mata kuliah yang dikaitkan dengan kehidupan beberapa selebriti. Lalu, siapa saja kah selebriti-selebriti tersebut, D’RIMers?

1. Beyonce, Gender and Race (University of Copenhagen) 

Mata Kuliah Selebriti

Kelas ini membahas tentang beberapa lagu dan video clip milik penyanyi berkulit hitam yang disebut sebagai feminis ini. Lagu-lagu yang dibahas juga tentunya berkaitan dengan isu gender, seksualitas dan ras. Menurut Professor Erik Steinskog, kelas Beyonce, Gender, and Race ini bertujuan untuk memperkenalkan pemikiran feminis kulit hitam yang masih terbatas.

2. Madonna Text (Harvard University)

Mata Kuliah Selebriti

Madonna, salah satu artis paling laris sepanjang masa ini juga diangkat menjadi mata kuliah di Harvard University. Lynne Layton, dosen dari mata kuliah Madonna Text mengajarkan mahasiswa bagaimana cara melihat budaya pop secara kritis. Budaya pop sendiri adalah budaya populer yang dijalani sehari-hari.

Madonna juga dikenal sebagai ikon budaya pop karena dinilai mampu menghapus pengelompokan ras dan gender. Beberapa lagu Madonna juga dibedah dalam mata kuliah ini dan dikaitkan dengan isu-isu ras atau gender.

3. The Beatles, Popular Music and Society (Liverpool Hope University)

Mata Kuliah Selebriti

Mata kuliah ini akan meneliti tentang pentingnya musik The Beatles dalam pembangunan identitas daerah, konsep keaslian, dan estetika. Musik The Beatles juga akan dikaitkan dengan budaya, antropologi sosial, dan politik. Kelas ini berlangsung selama 12 bulan penuh, D’RIMers.

4. Lady Gaga and The Sociology Of Fame (University of Carolina)

Mata Kuliah Selebriti

Penyanyi yang dijuluki Queen of Youtube ini tak hanya jadi idola banyak orang, Lady Gaga juga mendapat kehormatan karena dijadikan mata kuliah di University of South Carolina. Dilansir dari Hai.grid.id, inti dari mata kuliah ini adalah melihat dimensi sosiologis yang relevan dengan ketenaran Lady Gaga yang mendunia. (DN)

Be Adventurous, Creative & Positive!