X
Program ›› Dunia Main ›› Manfaat Menggendong Anak – Penting Ayah Bunda | Dunia Main

Manfaat Menggendong Anak – Penting Ayah Bunda | Dunia Main

6 January 2018

“Jangan sering menggendong anak, nanti bau tangan!”

Ayah dan bunda pasti sering dengar kata-kata itu. Tapi, apakah itu benar? Nah, Dunia Main kali ini bakal memberikan penjelasan tentang manfaat menggendong anak. Apa saja kira-kira?

Menggendong anak boleh-boleh saja, ayah-bunda. Tapi, semua itu kembali lagi kepada konteks usianya. Misalnya untuk anak usia 0-7 bulan, untuk usia mereka, menggendong jadi hal yang krusial dan penting sekali. Kenapa? Karena anak pada usia tersebut sangat memerlukan sentuhan hangat yang dihasilkan dari menggendong. Tapi bukan sembarang menggendong, ya. Harus ada kontak langsung antara orang tua dan anak saat menggendong, jangan sampai ayah atau bunda sibuk dengan hal lain ketika menggendong.

Manfaat Menggendong Anak

Menurut penelitian, menggendong sangat bagus untuk perkembangan otak anak. Khususnya untuk anak-anak usia 0-11 bulan. Tapi, menggendongnya pun harus sesuai dengan kebutuhan ya, ayah-bunda. Karena jika keseringan digendong juga gak baik untuk perkembangan otak anak.

Sentuhan hangat yang dihasilkan dari menggendong juga bisa membantu meregulasi emosi anak. Saat anak berhasil meregulasi emosinya, dia akan tumbuh jadi pribadi yang tidak gampang marah. Jadi gak selamanya menggendong anak itu memberikan dampak yang negatif ya, ayah-bunda.

Dunia Main akan memberikan info mengenai cara orang tua mengasuh anak agar mereka menjadi anak yang ceria dan sehat baik jasmani maupun rohani.