X
Program ›› Profesiones ›› Latte Artist, Profesi Tak Terpisahkan dari Dunia Kopi – Profesiones

Latte Artist, Profesi Tak Terpisahkan dari Dunia Kopi – Profesiones

10 January 2018

Tak cuma rasanya, seiring dengan perkembangan zaman, tampilan dari sebuah minuman pun sangat diperhatikan. Kopi, misalnya. Tampilan kopi saat ini kian menarik karena ditambah dengan latte art.

Pengertian Latte Art 

Latte art adalah seni menghias kopi dengan menggunakan susu panas yang dituangkan ke secangkir espresso dan menciptakan desain atau pola tertentu di permukaan latte. Latte art sendiri sudah jadi bagian tak terpisahkan dari sebuah kedai kopi atau coffee shop. Karena latte art pula, kopi yang identik dengan rasa pait kini semakin digemari.

Teknik latte art umumnya dipelajari oleh para barista. Seorang barista profesional tentu dengan otomatis langsung bisa membuat sebuah latte art. Selain barista, orang yang sering melakukan latte art juga biasa disebut latte artist. Penggemar kopi kian berkembang dari waktu ke waktu, profesi ini pun tentunya kian dibutuhkan. Jadi tak heran jika profesi ini jadi bagian tak terpisahkan dari dunia perkopian.

Teknik Latte Art

Lalu teknik apa saja yang perlu dikuasai oleh seorang latte artist? Menurut Iwan Setiawan, salah satu barista di Indonesia, terdapat dua teknik dalam melakukan latte art. Yang pertama adalah teknik free pour, atau menuang susu langsung dan sudah bisa menghasilkan bentuk yang jelas. Dan yang kedua adalah teknik desain free pour, atau membuat sebuah latte art dengan bantuan beberapa alat untuk menyempurnakan desainnya.

Profesiones menampilkan beberapa profesi unik dan berpenghasilan tidak biasa dengan tehnik – tehnik dasar yang orang tidak tahu.

Be Adventurous, Creative & Positive!