X
Program ›› Jalan Nyok ›› Ke Cirebon Gak Makan Tahu Gejrot? Gak Afdol! | Jalan Nyok!

Ke Cirebon Gak Makan Tahu Gejrot? Gak Afdol! | Jalan Nyok!

26 January 2018

Jalan-jalan ke suatu kota gak lengkap rasanya kalau gak nyobain makanan khasnya. Termasuk saat datang ke Cirebon, gak afdol kalau gak makan tahu gejrot. Apa lagi kalau makannya sambil diiringi musik kayak gini, D’RIMers.

Apa itu Tahu Gejrot?

Sebelum tahu bulat, tahu krispi dan tahu-tahunya menguasai dunia kuliner, tahu gejrot udah ada duluan nih, D’RIMers. Gak cuma di kota asalnya Cirebon, tahu gejrot juga bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai kota. Lalu apa saja bahan dari makanan yang satu ini, D’RIMers? Tahu gejrot terdiri dari tahu sebagai bahan utama, cabai, bawang merah, bawang putih, garam dan kuah. Kuah tahu gejrot terbuat dari campuran kecap, asam dan gula merah. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu sumedang.

Lalu, kenapa namanya tahu gerjrot? Konon katanya, nama tahu gejrot ini diambil dari bunyi kuah dari dalam botol saat dituangkan. Karena kuah itu berbunyi “gejrot”, makanya sampai sekarang dinamakan tahu gejrot. Tahu ini biasanya disajikan menggunakan piring kecil yang terbuat dari tanah liat, atau biasa disebut tembikar. Penyajiannya ini pula yang membuat tahu gejrot tetap terlihat ‘tradisional’. Makannya pun biasanya hanya menggunakan tusukan kecil seperti lidi, D’RIMers.

Jalan Nyok mengajak kalian untuk berpetualang mengunjungi tempat-tempat keren di Indonesia, yang bakal bikin kalian tidak cuma berdiam diri di rumah tetapi melihat keindahan dan keberagaman Indonesia. Yakin masih mau di rumah aja?