X
Program ›› Jinak Liar ›› Cara Perawatan Cane Corso, 4 Sehat 5 Sempurna | Jinak Liar

Cara Perawatan Cane Corso, 4 Sehat 5 Sempurna | Jinak Liar

19 January 2018

Cane Corso

Cane Corso adalah salah satu ras anjing kuno yang berasal dari Italia. Nama anjing ini berasal dari bahasa Latin yaitu cohors, yang berarti penjaga atau pelindung. Ras ini memiliki nenek moyang Canis Pugnax (Mollosian Roma kuno) yang sering digunakan untuk berburu hewan besar, serta dilibatkan dalam peperangan. Menurut sejarah, anjing ini dulunya digunakan sebagai penjaga ternak dan rumah, berburu, dan juga perlindungan keluarga.

Cara Perawatan

Anjing yang satu ini memilik tubuh yang atletis, padat, tapi lincah. Panjang tubuhya berkisar antara 23,5-27 inch, sedangkan beratnya antara 90-120 pon. Sifat umum yang dimiliki anjing bermoncong pendek ini adalah loyal kepada majikan, dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Sama seperti anjing lainnya, Cane Corso juga memerlukan perawatan.

Untuk pemilihan makanan, anjing ini harus diberi asupan empat sehat lima sempurna. Yaitu berupa dry food, wet food, raw food, suplemen atau vitamin dan susu. Asupan makanan yang diberikan akan berpengaruh saat anjing ini dewasa, jadi harus selalu diperhatikan kandungan gizinya.

Sedangkan untuk perawatan tubuh dan bulunya, Cane Corso termasuk anjing yang simpel dan gak perlu perawatan khusus di salon. Cukup dimandikan dengan sabun oleh pemiliknya sendiri dan keringkan bulunya agar gak tumbuh jamur di kulitnya. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami ras ini adalah displasia atau perkembangan panggul yang gak sempurna, sakit pada kelopak mata, dan penggembungan.

Jinak Liar membahas hewan-hewan peliharaan yang banyak ditemui di sekitar kita. Selain itu, Jinak Liar diisi dengan tips-tips dan info menarik untuk kalian pencinta binatang.

Be Adventurous, Creative & Positive!