X

Biar Kuliah dan Organisasi Tetap Seimbang, Yuk Baca Tips Dari Faldo Maldini berikut ini!

Gak bisa dipungkiri kalau berorganisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan generasi milenial. Karena karakter generasi milenial itu sendiri yang suka bergaul dan mengambil resiko. Namun, sering kali mahasiswa bingung untuk menyeimbangkan antara organisasi dan kuliah agar tetap seimbang.

Supaya kuliah dan organisasimu tetap seimbang, Faldo Maldini (mantan ketua BEM UI 2012 dan PPI Inggris 2015) akan ngasih tahu tips and tricknya nih, D’RIMers! Berdasarkan wawancara langsung RIM dengan Faldo Maldini di acara Indonesian Youth Conference 2017, Desember lalu.

1. Ikhlaskan Nilai Akademik

“Saya termasuk orang yang percaya organisasi akan membebani kuliah. Maka hal pertama yang harus dilakukan kalau ingin menjadi mahasiswa yang berorganisasi adalah mengikhlaskan nilai akademik kita. Karena di organisasi waktu kita habis untuk ngurusin orang dan bukan diri sendiri”, tutur ayah satu anak ini.

Untuknya, mengalami sedikit penurunan nilai akademik tidak menjadi masalah. Karena ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari berorganisasi. Di antaranya adalah memperluas pergaulan, melatih soft skill (kemampuan manajemen diri dan orang lain) dan tentunya meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

2. Kenali Cara Belajar

“Banyak anak muda gak kenal cara belajarnya, sehingga tidak maksimal dalam belajar. Karena setiap orang punya cara belajarnya masing-masing. Jadi hal yang paling penting kenali cara belajar diri sendiri terlebih dahulu,” sambung Master Fisika, Imperial College London ini.

 3. Menyadari Bahwa Terjun Ke Organisasi Akan Penuh Tantangan

Bagi Faldo, berorganisasi adalah kegiatan yang menantang. Karena waktu belajar mahasiswa biasa dan mahasiswa organisasi itu berbeda. Mahasiswa yang berorganisasi waktunya akan sangat terbagi antara kuliah dan organisasi. Di situlah tantangannya, untuk tetap bisa menyeimbangkan kegiatan di organisasi namun tetap tidak menelantarkan kewajiban sebagai mahasiswa.

Tapi tantangan dalam berorganisasi gak cuma berenti di situ aja, D’RIMers. Di organisasi kamu akan ditantang untuk bekerja sama dan bahkan memimpin berbagai macam karakter orang. Tantangan inilah yang nantinya bakan menjadi bekal yang sangat berharga dalam menghadapi ‘dunia’ yang sesungguhnya, setelah lulus kuliah.

4. Tingkatkan Kualitas Belajar

Bagi Faldo sendiri, kuliah adalah tentang bagaimana cara seseorang bisa memanajemen dirinya sendiri dengan padatnya jadwal kuliah sambil tetap bisa mengerjakan hal lain. Cara lain agar tetap bisa menyeimbangkan kuliah dan organisasi adalah dengan meningkatkan kualitas belajar. Misalnya seorang mahasiswa hanya punya waktu satu jam untuk belajar. Maka manfaatkan waktu satu jam itu dengan sebaik-baiknya.

Walaupun organisasi akan sedikit menganggu kuliahmu, tapi jangan pernah menyerah D’RIMers. Karena akan ada banyak pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan di organisasi. (PHP)

Be Adventurous, Creative and Positive!