X

Berniat Menikah di Tahun 2018? Cara Menghemat Budget Pernikahan Ini Bisa Kamu Coba!

Menikah tentunya jadi impian setiap orang. Laki-laki maupun perempuan. Termasuk kamu, D’RIMers. Tapi, nyatanya menikah bukan perkara yang mudah. Selain gak boleh salah menentukan pasangan, konsep, budget dan segala sesuatunya juga harus benar-benar dipikirkan. Nah, buat kamu yang berniat menikah tahun ini, cara menghemat budget pernikahan ini bisa kamu coba!

1. Gunakan Konsep Sederhana. Garden Party, misalnya

Menikah bukan hanya menyatukan sepasang laki-laki dan perempuan. Menikah juga menyatukan dua keluarga yang berbeda. Pemilihan konsep atau tempat tak jarang jadi perdebatan kedua belah pihak. Yang satu maunya begini, yang satu maunya begitu. Tapi, balik lagi ke masalah budget alias urusan keuangan, kalau mau lebih irit, konsep dan tempat yang sederhana tentu jadi pilihan.

Gak perlu neko-neko, yang penting kan sah. Daripada kelar nikahan pusing buat bayar gedung dan ini itu, mending pakai konsep sederhana aja. Pesta kebun, misalnya. Dengan konsep ini kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk sewa gedung. Kamu bisa gunakan alternatif lain, seperti taman milik sendiri atau milik saurdara kamu, D’RIMers.

2. Gunakan Jasa Saudara dan Teman

cara mengehamat budget pernikahan

Cara menghemat budget pernikahan lainnya adalah dengan menggunakan jasa-jasa orang sekeliling kamu. Entah itu teman atau saudara kamu, D’RIMers. Kamu bisa meminta bantuan sesuai dengan keahlian mereka. Untuk jasa make up atau dokumentasi, misalnya. Harga yang dibayar tentunya tak semahal jika menyewa fotografer atau make up artist lain.

3. Meminimalisir Pengeluaran dengan Kreatifitas

cara mengehamat budget pernikahan

Dalam sebuah pernikahan, yang terpenting itu bukan seberapa megah pestanya, tapi seberapa penting pernihakan kamu akan dikenang. Baik oleh kamu dan pasangan kamu, atau oleh tamu undangan yang hadir.

Kamu gak perlu membuat tamu undangan terkesan dengan seberapa mahal pernikahan kamu, D’RIMers. Pernikahan yang menyenangkan, unik dan lain dari yang lain tentunya lebih mengesankan. Kamu bisa gunakan kreatifitas kamu dan pasanganmu untuk mendekor langsung, untuk membuat suvenir dan segala pernak-perniknya.

4. Memanfaatkan Teknologi Digital

cara mengehamat budget pernikahan

Di zaman yang secanggih sekarang, menyebar undangan cetak bukan lagi jadi keharusan. Kamu bisa memanfaatkan teknologi digital untuk  menyebar undangan. Melalui telepon, Whatsapp atau media sosial lainnya, misalnya. Selain tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mencetak undangan, cara ini juga akan lebih efisien.

5. Pandai Memilih Menu Makanan

cara mengehamat budget pernikahan

Untuk urusan menu makanan, kamu juga gak perlu mengeluarkan dana berlebihan. Kamu bisa memilih makanan yang umum, atau memang disukai oleh kebanyakan orang. Jangan sampai menyediakan makanan yang hanya sedikit peminatnya. Daripada mubazir dan kebuang, mending uangnya digunakan untuk hal-hal lain, kan? (DN)

Be Adventurous, Creative & Positive!