X

Bayar Belanjaan Cukup Selfie, Inilah Terobosan Teknologi Pendeteksi Wajah Bersistem AI

Kecerdasan buatan atau Aritificial Intelegence (AI) digadang-gadang sebagai teknologi masa depan bukanlah isapan jempol. Bukan pula rekayasa dan khayalan yang sering dilihat di film-film bertema science-fiction. Masa depan AI telah dimulai, salah satunya di negeri Cina sana.

Beberapa perusahaan di Cina mengembangkan teknologi pendeteksi wajah dengan sistem AI. Hasilnya, sangat revolusioner!

  1. Belanja dan Bayar Belanjaan, Cukup Selfie

 teknologi pendeteksi wajah

Sistem pembayaran digital menjadi salah satu kebangkitan perekonomian di Cina. Adalah Alipay, milik perusahaan raksasa Alibaba Group menjadi perintis perubahan sistem pembayaran di Cina. Melalui Alipay, semua pengguna dengan mudah melakukan pembayaran mobile.

Terobosan terbaru Alipay, di mana pengguna bisa membayar tagihan, belanja dan kebutuhan lain hanya dengan berselfie. Teknologi ini didukung oleh sistem yang diciptakan oleh Startup Face ++, teknologi pendeteksi wajah bersistem AI.

  1. Bingung Pesan Makanan? Teknologi Baidu Bisa Deteksi Keinginan Konsumen

 teknologi pendeteksi wajah

Perusahaan layanan web, Baidu juga mengembangkan sebuah teknologi pendeteksi wajah bersistem AI. Teknologi ini memungkinkan orang membeli tiket kereta api dengan menunjukkan wajah mereka. Bahkan dengan sistem yang sama, Baidu bekerja sama dengan KFC menciptakan restoran pintar.

Teknologi Baidu ini disediakan bagi pengunjung yang bingung menentukan menu yang akan dipesan. Alat pendeteksi wajah akan merekomendasikan menu makanan kepada pengunjung sesuai dengan umur, jenis kelamin dan ekspresi wajah.

  1. Bermain Game Dengan Ekspresi Wajah

 teknologi pendeteksi wajah

Jika selama ini bermain mobile game menggunakan jari-jari untuk berinteraksi, game revolusioner Rainbow ciptaan Nathan Gitter berbeda. Game ini memberikan sensasi bermain mobile game dengan teknologi ARKit yang mendeteksi posisi, topologi serta ekspresi wajah secara real time.

Game ini dikategorikan sebagai permainan arcade, karena mengasah ketangkasan fisik saat memainkan.

  1. Identifikasi Tiket di Olimpiade

 teknologi pendeteksi wajah

Pengaplikasian teknologi ini juga digunakan untuk identifikasi dalam ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpaide. Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang akan didukung dengan teknologi pengenal wajah untuk identifikasi tiket dan kartu identitas. Teknologi ini diharapkan dapat meminimalisir risiko keamanan atas kartu identitas dan mempercepat antrean para atlet, pejabat, dan media ketika masuk ke berbagai lokasi.

Rencananya, ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia pun akan mengadopsi teknologi yang sama. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!