X

Perempuan: Sosok yang Sulit Dipahami Oleh Lelaki Tetapi Banyak Menginspirasi

Perempuan itu misterius.

Pernyataan ini gak cuma keluar dari cowok yang bingung menafsirkan kata ‘terserah’ pacarnya tetapi oleh pujangga legendaris Kahlil Gibran. Dalam salah satu sajaknya, Kahlil Gibran menulis “Perempuan yang meriasi perilakunya dengan keagungan jiwa dan raga adalah sebuah hakikat yang terbuka sekaligus penuh misteri”.

Itulah perempuan. Isi hatinya gak bisa ketebak. Bilangnya ini, maksudnya begitu. Maunya ini-itu. Fisikawan Stephen Hawking yang biasanya sibuk ngurusin teori lubang hitam aja sampe menyebut perempuan adalah misteri paling besar di jagad semesta ini. Wow!

Tetapi tahu gak sih, karena sosoknya yang sedemikian sulit dipahami oleh para lelaki, perempuan ternyata menginspirasi banyak hal di dunia ini. Inilah salah satunya!

Badai bernama perempuan

Perempuan yang sedang PMS adalah yang paling serem, itu kata cowok. Suka ngamuk dan gampang bad mood. Tetapi bagi siapapun yang tinggal di wilayah Pasifik, ‘perempuan’ yang paling seram adalah Katrina, Emili, Irene, Ileana, Santa Ana, Rita, Wilma, Irma dan sebagainya.

Para ‘perempuan’ ini tak lain adalah badai yang kerap mengamuk di kawasan Pasifik. Penamaan badai yang terdengar feminim ini diduga berasal dari buku berjudul Storm dikarang oleh George R. Stewart, pada 1941. Novel ini menceritakan banyak perempuan dengan karakter kuat sehingga masyarakat awam ikut menamai amukan angin keras sesuai karakter dalam cerita di buku itu.

Karya seni yang gak ada matinya

Kemisteriusan perempuan banyak menginspirasi para pekerja seni. Kalau pujangga Kahlil Gibran melalui sajaknya, para pelukis tentu melalui sosok perempuan yang dilukisnya. Misalnya Lukisan karya Leonardo da Vinci, Monalisa dengan senyuman yang sulit ditafsirkan. Atau Basoeki Abdullah dengan lukisan Nyi Roro Kidul nya yang misterius. Kedua lukisan ini tak ternilai harganya dan dianggap barang antik. Belum lagi sosok perempuan dalam novel-novel klasik.

Produk yang ada di muka bumi mayoritas untuk perempuan

Diantara kebutuhan bulanan, barang apa yang paling banyak ngabisin duit? Dapur? Bukan. Barang-barang kebutuhan perempuan! Coba deh diurai, mulai dari peralatan make-up aja ada lipstick, bedak, eyeliner, foundation, eyeshadow, blushon, bulu mata palsu, pensil alis, lipbalm, dll. Itu baru untuk muka aja, belum untuk rambut, kulit, kaki, baju, sepatu dan perangkat wanita lainnya. Harganya dari yang termurah sampai yang ngelus dada.

Kenapa sampai begitu banyaknya? Sebab perempuan adalah sosok misterius yang keinginannya tak bisa dipastikan. Tetapi hal itu justru menginspirasi para pencari inovasi menciptakan produk untuk mereka. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!