X

Kenalan Yuk Sama “Keluarga” Baru Kamus Besar Bahasa Indonesia!

D`RIMers tahukah kamu kalau KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) kedatangan kosa kata baru yang sudah diserap loh D`RIMers. Kenalan yuk sama “keluarga” baru dan lama KBBI yang mungkin kamu belum tahu!

1. Komedi Tunggal

Buat kamu yang suka banget nonton Stand up Comedy wajib tahu nih D`RIMers, kalau bahasa Indonesia punya istilah sendiri untuk stand up comedy, yaitu Komedi Tunggal. Kok komedi tunggal? Karena stand up comedy adalah sebuah lawakan yang dibawakan sendiri D`RIMers. Artinya ga perlu ada orang kedua, ketiga atau seterusnya dalam pertunjukkan menghibur ini.

Ssst ngomong-ngomong tentang komedi tunggal. Komedi Tunggal sudah ada di Indonesia sejak tahun 1953 dan dipopulerkan pertama kali oleh Bing Slamet.

2. Candramawa

Hayo tebak kira-kira apa arti dari candramawa? Menurut KBBI, Candramawa adalah hitam bercampur putih (tentang warna bulu kucing). Buat kamu yang punya kucing berwarna candramawa bisa banget nih di panggil Awa atau apapun itu yang bikin kamu dan si empus makin akrab.

3. Gawai

Saat ini semua orang pasti memerlukan dan menggunakan gawai. Entah itu untuk bekerja, berkomunikasi, bermain maupun untuk sekedar membaca berita. Udah ketebak apa itu gawai? Gawai adalah sebuah benda yang tidak asing lagi. Namun, mungkin kamu lebih akrab dengan sebutan gadget untuk menyebut benda yang satu ini.

4. Pijit

Coba dipijit dulu tombolnya enternya. Selama ini, mungkin kamu lebih familiar dengan kata pencet. Tapi tahukah kamu kalau  pijit adalah sinonim dari kata pencet. Dalam KBBI kata “pijit” berarti menekan keras-keras dengan ibu jari. Jadi ga ada salahnya loh kalau sekali-kali kamu menggunakan kata pijit untuk menggantikan kata “pencet”.

Setelah baca artikel di atas, yuk mulai biasakan yuk berbahasa Indonesia yang baku dan sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Walaupun terkesan sulit menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai KBBI ( kamus besar bahasa indonesia) tetapi kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kelestarian bahasa bangsa kita tercinta ini. Alasan lain, mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku adalah bahasa Indonesia akan segera menjadi bahasa internasional loh. (PHP)

Be Adventurous, Creative and Positive!