X

Invasi Teh Thailand Di Lidah Jakarta, Udah Tahu Belum Fakta Menariknya?

Tren minuman gotik udah, rainbow juga udah. Apalagi yang berbau kopi-kopian, udah lewat. Namanya juga tren, segera tergeser saat ada yang baru, unik dan harganya cukup merakyat. Yang terbaru dan lagi trending di kalangan penikmat rasa dan Instagrammer adalah minuman dari negeri Gajah Putih, Thailand yaitu Thai Tea.

Thai Tea alias teh Thailand emang lagi happening banget nih, D’RIMers. Saking happeningnya, ada yang rela antri panjang demi segelas kesegarannya. Eitss..gak cuma itu aja, demi update dan hits di Instagram pula!

Biar kamu gak sekadar ikutan-ikutan, ini nih info menarik seputar Thai Tea yang harus kamu tahu!

Bukan asli Thailand

Thai tea sudah dikenal masyarakat asli Thailand sejak tahun 1980an. Thai tea dikenal dengan sebutan cha yen ini sebenarnya adalah seduhan teh Ceylon. Teh ceylon merupakan produk teh asal Sri Lanka yang terkenal dengan aromanya yang unik. Karena mahalnya harga teh Ceylon, maka teh Assam (teh yang tumbuh di kawasan India) pun jadi alternatif. Teh berwarna hitam ini kemudian dikenal dengan sebutan Bai Miang dalam bahasa setempat.

Teh racikan yang kaya rempah

Yang membuat teh Thai ini unik dan memiliki rasa yang khas adalah racikannya. Thai tea dibuat dari campuran teh hitam dengan bunga lawang, gula, dan susu evaporasi. Teh juga dipadukan dengan orange blossom water, star anise, asam jawa, dan rempah lain sehingga kesegaran sangat terasa dalam Thai tea.

Berawal dijual di pedagang kaki lima

Di negara asalnya, minuman ini dijual di pedagang kaki lima. Penjual kaki lima menyajikannya dalam gelas plastik dan kantung plastik. Sedangkan di restoran teh disuguhkan dengan gelas kaca. Kalau di Indonesia udah merambah mall, coffee shop hingga ada layanan onlinenya

Kaya manfaat

Thai tea memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibanding teh lainnya. Antioksidan pada vitamin C dan E yang tinggi membantu tubuh menangkal radikal bebas dan bahkan mencegah kanker. Teh Thailand juga mampu melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, dan membuang kolesterol jahat dalam darah, yang dapat membantu terhindar dari penyakit stroke.