X

Celetukan Penuh Prasangka Ini, Belom Tentu Benar Loh! Ini Penjelasannya

Sebagai makhluk sosial yang kerap bermedia sosial, mengomentari kehidupan orang lain adalah hal yang tak bisa dihindari. Ngeliat teman bahagia, komen. Apalagi galau, makin dikomenin. Ngeliat temen gemuk dikit, atau gak gemuk-gemuk padahal makan mulu, juga di komentarin.

Kebiasaan komen yang berawal dari kekepoan dan berlanjut celetukan singkat ini penuh prasangka loh, D’RIMers. Padahal gak semua yang kamu kira itu benar adanya. Kalau berulang kali diucapkan, hati-hati ya bisa menyinggung perasaan orang tersebut.

Nah, untuk menghindari itu dan gak berbalik kamu yang diceletukin, cek informasinya di bawah ini.

Kok gak makan? Lagi puasa ya? Lagi diet ya? Lagi menghemat ya? Anak kosan ya?

Celetukan yang satu ini paling sering dillontarkan kalau kita tiba-tiba gak makan. Entah oleh keluarga, teman dekat, pacar hingga orang yang baru kita kenal (yang kebetulan makan bareng).

Sebenarnya ada banyak hal yang membuat kita gak makan. Bisa karena emang lagi puasa, diet, dan menghemat. Tetapi kalau kasusnya tiba-tiba gak makan, bisa jadi karena mengalami stress atau depresi. Melansir Alodokter, kecenderungan seseorang untuk mengalami penurunan nafsu makan adalah akibat banyaknya masalah yang sedang dihadapi atau mengalami stres berlebihan.

Enak ya, makan mulu tapi gak gemuk

Celetukan ini biasanya diucapkan oleh mereka yang mengidamkan tubuh ideal tetapi males diet dan gak bisa nahan makan banyak. Jadinya saat liat temen yang makan banyak tapi gak gemuk, iri. Kalau kamu yang sering nyeletuk begini, hati-hati loh celetukan kamu bikin teman tersinggung.

Sebab, ada banyak faktor kenapa orang susah gemuk meski banyak makan. Mulai dari faktor genetika, psikologis, malnutrisi, infeksi bakteri hingga penyakit berbahaya seperti kanker.

Lu jomblo mulu, gak laku ya? Ada penyimpangan seksual?

Jomblo adalah pilihan hidup seseorang, bukan bahan ledekan apalagi tuduhan tak beralasan. Menjadi jomblo di era kekinian bukan hal yang aneh. Anggapan gak laku justru udah kuno. Mengutip CNN Indonesia psikolog Roslina Verauli memaparkan adanya perubahan paradigma di masyarakat terkait status jomblo.

Utamanya bagi perempuan, ada beberapa alasan mengapa usia menikah mengalami kemunduran. Salah satunya adalah pengaruh dari merebaknya gerakan feminisme dan semakin banyak orang di usia muda yang ingin terus menuntut ilmu setinggi mungkin.

Kok sendiri mulu, gak punya teman ya? Ih sombong, gak mau diajak ngomong

Celetukan ini muncul ketika ada seseorang yang kemana-mana sendiri sehingga terkesan gak punya teman. Atau yang jarang ngomong hingga dianggap sombong. Mulai deh berburuk sangka sama orang.

Kenyataannya, karakter setiap orang itu berbeda-beda. Kita gak bisa menyamaratakan sikap dan sifat orang dengan diri kita sendiri. Karakter yang satu ini bisa jadi memang orangnya pendiam dan pemalu sehingga dia merasa canggung berada di keramaian atau terlalu banyak ngomong. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!