X

Begini Cara Keren Para Petani di Jepang Datangkan Wisatawan ke Desanya!

Bukan Jepang namanya kalau tak pandai berinovasi. Negerinya Naruto, Detective Conan dan Kenshin ini memang tersohor dengan kreativitasnya. Aneka kreasi yang diciptakan Jepang membuat siapapun geleng-geleng kepala. Unik dan istimewa. Seperti kreasi yang satu ini.

Dikenal sebagai destinasi wisata unggulan di Asia, Jepang rupanya tak berhenti begitu saja untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan. Salah satu inovasinya adalah mengembangkan desa Inakadate. Desa yang terletak di utara Provinsi Aomori ini merupakan bagian dari usaha revitalisasi di awal tahun 90an. Untuk meningkatkan pariwisata kota ini, warga pun membuat lahan pertanian di desa itu bak lukisan tiga dimensi.

Setiap tahun desa ini menciptakan lukisan tiga dimensi seukuran lapangan sepak bola yang terbuat dari tanaman padi warna warni. Pada tahun ini, Desa Inakadate menggunakan tujuh jenis padi yang berbeda sebagai palet warna. Seribu sukarelawan setempat berkumpul setiap tahun untuk membantu proses penanaman. Seiring berjalannya waktu, desain telah berevolusi dalam kompleksitas dan sekarang menarik ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya.

Sebelum membuat lukisan tiga dimensi, sebuah konferensi diadakan untuk memutuskan perancangan untuk tahun depan. Mulai dari tema, jenis padi, palet warna dan sukarelawan. Ketika tema ditetapkan, pejabat desa membuat tiruan digital dasar, yang kemudian disempurnakan oleh seniman lokal ke dalam gambar konsep yang rumit. Penanda kemudian ditempatkan, memetakan setiap gambar sebelum penanaman dimulai. Proses ini memakan waktu hingga tiga bulan.

Selama bertahun-tahun, lahan pertanian ini telah membuat banyak bentuk  indah. Mulai dari Monalisa, Napoleon, Marilyn Monroe, dan ikon-ikon tradisional Jepang. Tema tahun ini warga desa Inakadate merayakan warisan lokal dan cerita rakyat, yang menggambarkan legenda Yamata no Orochi (ular berkepala delapan) yang berhadapan dengan dewa laut dan badai Shinto, Susanno.

Banyaknya wisatawan yang datang pun turut meningkatkan pendapatan masyarakat. Kini Inakadate menjadi kian maju dan lebih dikenal. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!