X

Teror Mencekam Badut IT, Benarkah Badut Tak Lagi Lucu?

“All the world loves a clown.” – Cole Porter

Badut itu lucu makanya ia kerap diundang sebagai pengisi acara di pesta ulang tahun anak-anak. Tak usah melawak, melihat mukanya yang dirias sedemikian rupa, sudah mengundang tawa. Tetapi kasus teror badut beberapa tahun terakhir dan badut pemakan anak-anak di film IT membuat kita berpikir ulang tentang ikon yang satu ini.

Bahkan citra baru badut dalam film IT yang menyeramkan, membuat badut-badut profesional di Ontario, Kanada melakukan aksi protes. Mereka memprotes penggambaran negatif badut dalam sosok Pennywise.

Nah, buat D’RIMers yang suka badut dan pernah merayakan ulang tahun bersama badut, pastinya sedih dong. Secara pernah menjadi bagian dari kenangan yang membahagiakan. Trus sekarang profesi badut ga laku dong? Gak juga! Badut masih tetap eksis ditengah cap baru tersebut. Gak percaya? Inilah buktinya.

Badut tari Meksiko

Di Meksiko ada tradisi bernama Badut tari. Badut tari menjadi perpaduan unik antara agama Katolik dan budaya lokal. Tradisi ini berasal dari zaman penjajahan Spanyol yang sempat terkubur selama beberapa dekade. Dilansir dari Nationalgeographic.co.id (12/09), tarian badut merupakan bentuk persembahan kepada Perawan Guadalupe—sebuah penampakan Perawan Maria yang muncul di lokasi bekas kuil Aztec—dengan imbalan keberuntungan.

Sekelompok badut bertopi warna-warni akan menari. Kelompok badut tersebut dipimpin oleh karakter yang menyerupai seorang conquistador Spanyol—sebutan untuk serdadu dan kolonis Spanyol yang pergi menjelajah dan menaklukkan beberapa wilayah di dunia.

Ronald McDonald

Tahu Ronald McDonald? Itu loh badut yang menjadi ikon makanan cepat saji. Meski santer berita betapa mengerikannya terror badut, Badut Ronald McDonald masih stay cool dan setia menjadi ikon restoran cepat saji ini. Sosoknya juga masih digandrungi bahkan kerap mengisi ulang tahun anak-anak.

Badut Goyang

Kalau tadi yang dibahas adalah badut bule, Indonesia juga punya loh badut asli tanpa naturalisasi, hehe. Badut goyang, namanya. Badut yang satu ini cukup berbeda dengan badut-badut bawaan bule, baik dari penampilan maupun apa yang ditampilkan. Badut goyang memiliki karakter mirip anak-anak, postur tubuh yang pendek dan rambut gundul/dikuncir dua dan perut cenderung buncit.

Kalau badut bule berpantomim dengan gerakan-gerakan slapstik yang konyol, badut goyang tentunya menghibur dengan menggoyangkan perut buncitnya.

Be Adventurous, Creative and Positive!