X

Legging Bagian dari Perlengkapan Militer, Sarung di Panggung Fashion Show, Inilah Evolusi Mode

Pekan lalu, dunia netizen kembali heboh lantaran penyanyi Nindy mengenakan baju piyama ke acara ulang tahun anak Krisdayanti. Netizen menganggap pakaian Nindy tidak cocok dipakai di acara ulang tahun. Padahal piyama ini sudah lama nge-tren di luar negeri. Banyak artis Hollywood yang mengenakan piyama untuk menghadiri acara penting.

Usut punya usut, piyama hanyalah bagian kecil dari evolusi mode loh, D’RIMers. Sejak ratusan tahun lalu hingga kini, mode terus berkembang dan berevolusi. Gak cuma pada busana tetapi make-up, aksesoris hingga tata rambut.

Biar gak salah paham dan gak dianggap aneh sendiri, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Legging, Perlengkapan Militer

Battle of Culloden, lukisan karya David Morier (1746) mengabadikan penggunaan legging oleh para prajurit.

Sebelum legging dikenal menjadi bagian dari dunia mode, khususnya perempuan, ternyata legging lebih dulu populer di kalangan militer. Loh kok bisa? Beberapa koleksi artefak maupun manuskrip, di museum Eropa seperti Louvre (Paris) atau British Museum (London) menunjukkan legging sudah dipakai orang sejak sebelum Masehi.

Para prajurit Bangsa Assyria dan Babilonia mengenakan legging sejak abad ke-6 SM. Semasa berkuasa mulai 1066 M, William “Sang Penakluk” pun menjadikan legging sebagai bagian pakaian militernya.

Sarung, Panggung Fashion Show

Beda lagi nih dengan sarung. Sarung dan cowok adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Mulai dari kegiatan keagamaan, kebudayaan hingga urusan sunatan. Di era kekinian, pemakaian sarung tak terbatas pada kegiatan keagamaan atau kebudayaan. Sarung memiliki citra baru sejak desainer Indonesia mengkreasikan tampilan sarung dan tampil di peragaan busana bergengsi.

Sepatu Boots, sepatu para pekerja

Pada tahun 1200an Masehi, bangsa Mongolia membuat sebuah alas kaki yang terbuat dari kulit Yak, sejenis sapi yang hidup di daerah Mongolia. Mereka membuat alas kaki yang bentuknya mirip dengan boots di jaman sekarang.

Pada masa Revolusi Industri di Eropa, boots banyak digunakan pekerja untuk melindungi kaki mereka saat bekerja. Seiring perkembangan zaman, penggunaan boots semakin meluas dan merambah ke industri fashion. Booth pun memiliki citra baru. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!