X

Lakukan Hal Ini Yuk Untuk Menyelesaikan 4 Masalah Anak-Anak Di Daerah Urban

 

Masa anak-anak adalah masa-masa paling menyenangkan. Karena di masa-masa itulah kita bisa bebas bermain berbagai mainan tradisional bersama teman-teman sebaya. Tapi sayangnya, saat ini di daerah urban Indonesia, khsusunya Jakarta udah jarang banget nih kita bisa menemukan anak-anak bermain permainan tradisional. Sedih banget kan D`RIMers. Ga mau hal ini menjadi berlarut-larut, Playplus Indonesia (Komunitas Pelestarian Permainan Tradisional Anak Indonesia) kemudian mengadakan acara “ Festival Bermain Anak 2017” .

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 9 September 2017 di gedung A Kementerian Pendidikan Kebudayaan itupun bertujuan untuk menyerukan pentingnya permainan tradisional bagi anak-anak.

Di festival ini anak-anak dapat puas bermain semua permainan tradisional, dari mulai gasing engrang, pata-pata, gobak sodor, congklak dan masih banyak lagi yang lain. Untuk para orangtua, di acara ini juga ada pemaparan tentang pentingnya permainan tradisional.

Salah satu komunitas yang hadir dan memberikan pemaparan adalah komunitas Ayo Main. Dalam pemaparannya sore itu, perwakilan dari Ayo Main mengemukakan kalau ada 4 masalah utama yang dihadapi oleh masyarakat urban, yaitu

1.Waktu

Orang urban hanya punya waktu di weekend untuk bermain dengan anak-anak. Antara senin-Jumat mereka selalu menghabiskan waktu untuk bekerja dan mengerjakan hal-hal lain. Jadi, waktu bermain bersama anak sangatlah minim.

2.Tempat

Masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat urban adalah kurangnya ketersediaan tempat untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Di Indonesia, khususnya di Jakarta sudah banyak RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Namun, banyak orangtua yang belum percaya dengan keamanan yang ada di RPTRA

3.Teman

Anak-anak zaman sekarang kurang memiliki teman. Mereka hanya teman sekolah, teman rumah dan juga orangtua. Padahal seharusnya anak-anak bisa memiliki teman lebih banyak dari itu.

4.Rolemodel
Anak-anak saat ini sedang mengalami krisis rolemodel nih D`RIMers. Maksudnya anak-anak perlu rolemodel lain selain orangtua yang diseganinya selain orangtua. Bisa guru di tempat ibadah ataupun guru di sekolah.

Untuk menjawab empat masalah yang dihadapi oleh masyarakat urban itulah, Ayo Main kemudian hadir dengan membawa 3 program utama yang sesuai dengan tahapan umur. Di setiap programnya, Ayo Main menggunakan permainan tradisional. Lokasi bermainnya pun di taman atau di hutan. Sehingga anak-anak merasa nyaman sekaligus mengasah kemampuan visualnya.

Satu lagi nih yang pasti, ketiga program yang dibawa oleh Ayo Main dapat menyelesaikan ke empat permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat urban.

Waaaah kebayang dong betapa serunya! So, mulai sekarang kembali gemakan permainan tradisional yuk! (PHP)

Be Adventurous, Creative and Positive!