X

Lahir Dengan Mata Yang Tak Sempurna, Toby Ott Bermain Video Game Menggunakan Perasaan

Kalau lagi main game sama teman, gak usah pakai perasaan. Apalagi kalau mainnya di warnet, nanti bahaya kalo kalah dan dikatain malah baper terus ngambek. Itu mungkin cuma berlaku buat sebagian gamers ya. Beda sama Toby Ott, yang mengandalkan perasaan saat bermain video game. Lahir dengan Bilateral Anopthalmia atau kondisi seseorang kehilangan salah satu bagian matanya, membuat Toby tak bisa melihat karena kondisi matanya yang gak sempurna.

Kekurangan yang Toby miliki gak jadi halangan. Toby punya hobi yang sama dengan orang-orang pada umumnya. Contohnya nonton televisi, film, nonton Youtube dan main game. Loh kok bisa? Iya, Toby melakukan semuanya dengan perasaan.

Toby Ott Mulai Bermain Game Sejak Berumur 5 Tahun

Toby Ott

Pria yang kini berusia 27 tahun ini merupakan lulusan jurusan Business IT di Universitas Lewisham, Inggris. Sejak usia tiga tahun, Toby mulai belajar menggunakan braillenote touch, salah satu tablet pertama yang juga bekerja di android dan dilengkapi dengan speech software. Sejak saat itu pula Toby mulai belajar menggunakan komputer dan tertarik juga belajar main video game. Permainan pertama yang dimainkan adalah Mortal Kombat 1 dan Street Fighter.

Fighting Game Series Jadi Favorit Toby

Toby Ott

Dari beberapa jenis permainan, fighting game series atau permainan dengan genre bertarung jadi favorit Toby. Diantaranya adalah Tekken 2, Soulcalibur dan DOOM 2. Awalnya Toby belajar bermain game di Play Station bersama sepupunya. Tapi sekarang dia udah jago main sendiri, tanpa penglihatan, cuma dengan perasaan.

Sound Effect jadi Faktor Paling Penting

Toby Ott

Selain ngandelin perasaan dan instingnya, musik efek dan suara-suara dalam video game juga jadu faktor paling berpengaruh buat Toby. Dia juga hafal betul suara-suara di momen tertentu di beberapa permainan. Bagi Toby, main video game jadi tantangan sendiri karena seharusnya dimainkan pakai penglihatan visual. Tapi Toby bisa menaklukan tantangan dan membuktikan pada orang-orang kalau orang yang gak bisa melihat pun bisa jago main game. (DN)

Be Adventurous, Creative & Positive!