X

Kemasan Baru Film Horor Indonesia di Tangan Sutradara Papan Atas

Beberapa tahun terakhir, film horor Indonesia identik dengan film ecek-ecek yang kerap mengumbar keseksian belaka. Tak lagi fokus pada cerita melainkan penampilan seksi para pemainnya. Belum lagi dengan judul aneh dan nyelenehnya. Bikin penonton salah fokus deh.

Tapi itu dulu, sekarang beda lagi. Film horor Indonesia sedang naik daun lagi nih dan gak bisa dipandang sebelah mata lagi. Kenapa? Jelas karena film horor saat ini digarap oleh sutradara papan atas yang mengedepankan kualitas cerita dan sinematografi. Gak cuma itu aja, pemainnya pun dari kalangan aktor nominasi dan peraih Piala Citra.

  1. Jailangkung – Jose Poernomo & Rizal Mantovani

Sukses di tahun 2001 dan pernah menjadi film  dengan penonton terbanyak di seluruh Indonesia, film Jailangkung kembali digarap. Masih dengan sutradara yang sama, Jose Poernomo dan Rizal Mantovani. Jailangkung versi 2017 diklaim lebih seram dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan mantra ‘datang tak dijemput, pulang tak diantar’ kini diganti dengan ‘datang gendong, pulang bopong’.

  1. Danur “I Can See Ghosts” – Awi Suryadi

Berikutnya adalah film Danur yang disutradarai oleh nominasi Sutradara Terbaik FFI 2010, Awi Suryadi. Film ini diangkat dari buku karya Risa Saraswati, Gerbang Dialog Danur yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang gadis indigo. Bahkan ada lagu berbahasa Sunda berjudul Boneka Abdi yang jika disenandungkan bisa mendatangkan hantu-hantu itu. Bagi masyarakat Sunda, khususnya perempuan, lagu itu menjadi senandung permainan, terutama saat bermain boneka.

Versi filmnya, film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Indra Brotolaras, dan Kinaryosih.

  1. Gerbang neraka – Rizal Mantovani

Setelah menyutradarai film horor Jailangkung, Rizal Mantovani kembali menggarap film horor thriller berjudul Gerbang Neraka. Film ini mengisahkan penemuan arkeologi yang paling menggemparkan dunia di abad 21 yakni piramida di Gunung Padang.

Film Gerbang Neraka diperankan oleh Reza Rahadian, Julie Estelle, dan Dwi Sasono ini merekam perjalanan tiga tokoh untuk mengungkap misteri Piramida Gunung Padang.

  1. Pengabdi setan – Joko Anwar

Sutradara yang satu ini terkenal dengan keidealisannya. Film-filmnya pun sering mendapat penghargaan bergengsi. Kali ini sang sutradara menggarap ulang film klasik berjudul Pengabdi Setan yang dirilis tahun 1980.

Pengabdi Setan terbaru akan bercerita tentang Rini Suwono (Tara Basro) dan keluarganya yang terpaksa tinggal di rumah neneknya di luar kota setelah rumah mereka dijual untuk pengobatan ibunya. Teror mulai muncul.

Selain Tara Basro, film Pengabdi Setan dibintangi oleh Bront Palarae, Asmara Abigail, Fachri Albar, Endy Arfian, Nasar Anuz, Adhiyat Abdulkadir, dan Dimas Aditya. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!