X

Ambulans Terapung dan Beberapa Tenaga Kesehatan Ini Hapuskan Citra Negatif di Dunia Medis

Baru-baru ini kita dihebohkan oleh kasus Tiara Debora Simanjorang, bayi meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Katanya Debora meninggal karena kurang mendapatkan perawatan dan perlakuan  baik dari pihak rumah sakit. Kasus kayak gini emang bukan yang pertama terjadi. Mungkin itu juga yang bikin citra rumah sakit dan tenaga kesehatan jadi buruk.

Tapi beberapa tenaga kesehatan ini hapuskan citra negatif di dunia medis, apa aja kira-kira?

1. Dokter Apung Dari Nusantara Sehat

Tenaga Kesehatan

Nusantara Sehat sendiri sebenarnya merupakan gerakan sosial untuk memperkuat layanan kesehatan di daerah terpencil. Seperti di Wilayah Lumbis Ogon, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Biasanya dokter-doker dari Nusantara Sehat mendatangi pasien yang ada di hulu sungai yang sulit di jangkau.

Para dokter dan petugas kesehatan dari puskesmas menggunakan perahu untuk menyebrangi sungai. Mereka memakan waktu berjam-jam terapung di sungai, makanya warga desa menyebut mereka dokter apung.

2. Ambulans Terapung, Berikan Fasilitas Kesehatan Gratis Di Nusa Tenggara Timur

Tenaga Kesehatan
Ambulans terapung adalah perahu yang berlayar membawa relawan kesehatan. Mereka memberi layanan kesehatan gratis ke wilayah-wilayah yang gak punya fasilitas kesehatan. Salah satunya adalah wilayah Pulau Kera di Teluk Kupang.

Selain memberi obat dan fasilitas kesehatan lainnya, para relawan dari Ambulans Terapung juga memberi pengarahan tentang kesehatan di wilayah Pulau Kera. Sasaran utamanya adalah  ibu-ibu yang punya beberapa masalah kesehatan.

3. Gamal Albinsaid, Pendiri Klinik Asuransi Sampah

Tenaga Kesehatan

Lewat klinik yang didirikannya, Gamal Albinsaid ingin menginspirasi bahwa profesi dokter atau petugas kesehatan lainnya is not about money. Tapi tentang bagaimana caranya memecahkan masalah dibidang sosial terutama bidang kesehatan. Termasuk tentang bagaimana caranya menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan seorang dokter. Terutama mereka yang kurang mampu.

Gamal menolong wargayang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cara mendatanginya ke rumah. Selain itu warga juga rutin mengumpulkan sampah senilai 10.000 perbulan, dan kemudian dijadikan asuransi untuk berobat ke Klinik Asuransi Sampah. (DN)

Be Adventurous, Creative & Positive!