X

Pentingnya Penguasaan Bahasa Ibu Pada Anak Usia Dini

Di era globalisasi seperti ini, penguasaan bahasa asing merupakan suatu kewajiban untuk setiap orang, agar bisa lebih mudah melakukan interaksi dengan bangsa lain. Bagi orangtua, sudah menjadi kewajiban juga untuk mengajarkan anak bahasa asing sedini mungkin.

Tapi tahukah D’RIMers, bahwa mengajarkan anak bahasa asing tanpa menguatkan terlebih dahulu merupakan suatu kekeliruan. Seorang Linguis asal London, David Crystal pernah berkata “Everytime we lose a language, we lose one vision of the world”. Oleh karena itu penguasaan bahasa ibu merupakan hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Berikut ini adalah manfaat penguasaan bahasa ibu untuk balita.

1. Melestarikan budaya

Menurut Dr. Shaeldon Shaeffer penguasaan bahasa ibu sejak dini bermanfaat untuk memperkuat bahasa dan budaya.

2. Memudahkan Anak Untuk Belajar Asing

Menguasai bahasa ibu spesifiknya bahasa baku, akan mempermudah anak untuk mempelajari bahasa asing. Karena anak terlebih dahulu mempunyai patokan dasar bahasa ibu sebelum belajar bahasa yang lain. Idealnya anak diberi bahasa asing ada usia 6-10 tahun.

3. Membentuk Aksen Anak Sedari Kecil

Pembentukan aksen anak dari kecil baik untuk menjadikannya percaya diri. Dalam lingkungan pergaulan ke masyarakat nantinya, anak yang menggunakan aksen asing cenderung akan mendapat ejaan dari teman sekitarnya. Karena dianggap tidak sama dengan teman-teman yang lain.

4. Membuat Anak Percaya Diri

Secara tidak langsung mengajarkan anak menguasai bahasa ibu dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya sejak kecil. Karena anak akan menyadari dirinya merupakan bagian dari suatu masayarakat yang utuh. Hal ini dapat membuatnya percaya diri untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

5. Cepat Paham Konsep

Menurut Dr.Felicia Nutari Utorodewo, Direktur SEAMEO QITEP Language anak-anak yang sejak dini diajarkan bahasa ibu lebih mudah untuk menguasai hal-hal konseptual, seperti tata krama dan norma yang berlaku di masyarakat sekitar. Ketika memasuki Sekolah Dasar anak yang menguasai bahasa ibu juga cenderung lebih mudah untuk mengerti dan memahami pelajaran dibandingkan anak yang sedari kecil diajarkan bahasa asing.

Itu dia beberapa manfaat menguasai bahasa ibu. Agar penguasaan bahasa ibu lebih baik, tidak ada salahnya ibu dan ayah juga sesekali menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang baku ketika berinteraksi dengan anak. Karena Lingua franca atau bahasa sehari-hari dapat dengan mudah didapatkan anak-anak ketika nantinya ia terjun langsung ke masyarakat secara langsung. (PHP)

Be Adventurous, Creative and Positive!