X

Literary Lunch With Okky Madasari: Menghayati Makna Sebagai Manusia

Penerbit Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Muara Foundation menyelenggarakan acara Literary Lunch with Okky Madasari, 6/08/2017. Bertepatan dengan pelaksanaan ASEAN Literary Festival 2017, acara ini sekaligus menandai peluncuran buku kumpulan cerpen terbarui Okky Madasari, yang berjudul Yang Bertahan dan Binasa Perlahan.

Okky Madasari dikenal dengan karya-karyanya yang mengkritisi isu sosial. Ia konsisten mempertanyakan hal-hal kekinian, pertarungan manusia dengan dirinya sendiri dan lingkungannya, yang menjadi kegelisahan utama generasi zaman ini.

“Cerita-cerita dalam buku ini saya tulis sepanjang dekade, dari tahun 2007 hingga 2017. Beberapa cerita lahir sebeleum saya menulis novel yang terbit pada tahun 2010,” ujar Okky. ” Ini adalah serangkaian kisah tentang pertarungan dan daya tahan manusia; ada yang melawan dan bertahan, ada yang berlari dan menyembunyikan diri, ada yang tak punya pilihan selain binasa perlahan.”

Okky Madasari berbincang hangat dengan pembaca yang berkesempatan mendapatkan undangan Literary Lunch

Buku kumpulan cerpen ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran pembaca akan persoalan-persoalan yang terjadi di sekeliling mereka. 19 cerita yang disajikan dalam buku ini memiliki fungsi kritik, advokasi, bahkan negasi yang tercermin dalam karakteristik tiap tokohnya.

“Sebenarnya cerita ini hanya satu upaya kecil untuk menghayati makna kita sebagai manusia. Bagi saya pribadi, cerita-cerita dalam buku ini adalah saksi bagaimana saya melalui pertarungan-pertarungan dalam hidup saya hingga akhirnya membentuk daya tahan yang tak pernah bisa saya bayangkan sebelumnya,” tambahnya.

Foto bersama pembaca setia karya sastra Okky Madasari

Dalam acara tersebut, pembaca setia novel Okky yang terpilih melalui Instagram berkesempatan berbincang hangat dengan sang penulis. Perbincangan tak hanya seputar buku kumpulan cerpen terbarunya tetapi novel-novel yang sebelumnya sudah diterbitkan.

Dalam waktu dekat, Okky Madasari berkesempatan mengikuti Iowa Writing program di Amerika Serikat selama tiga bulan, dilanjutkan dengan kunjungan perjalanan ke Singapura, memenuhi undangan dari National University of Singapore. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!