X

Lapis Legit Masuk Daftar Kue Paling Lezat Se-Dunia, Begini Asal-Usulnya

Setelah rendang, nasi goreng dan sate masuk dalam daftar makanan paling enak sedunia, CNN merilis daftar kue paling enak sedunia. Dari 17 daftar kue paling enak sedunia, ada kue khas Indonesia yaitu lapis legit. Tapi tahu gak D’RIMers, dibalik penampilannya yang sederhana, kue yang satu ini berkaitan erat dengan zaman penjajahan.

Mengalahkan Dorayaki dan Cheese Cake

Dari 17 makanan kue paling heboh, lapis legit masuk nomor 4, setelah Pavlova (Selandia Baru), Swedish Prince Cake (Swedia), dan Victoria Sponge (Inggris Raya). Di peringkat berikutnya kue Kransekage (Denmark/Norwegia), Lamingtons (Australia), Pandan Cake (Singapura/Malaysia), Black Forrest Cake (Jerman), Postre Chaja (Uruguay), Tiramisu (Italia), Madeleines (Prancis), Baklava (Turki) Kaiserschmarrn (Austria), Cheese Cake (USA), Dorayaki (Jepang), Ma Lai Go (Hong Kong), Tres Leches (Meksiko).

Yap, kue yang kerap disajikan sebagai oleh-oleh dan suguhan di berbagai acara ini memang menawarkan rasa yang enak dan bikin ketagihan. Tetapi tahukah, D’RIMers jika ternyata kue ini sudah eksis sebelum Indonesia merdeka dan memiliki ikatan yang erat dengan bangsa Belanda.

Warisan penjajahan Belanda

Menurut Kepala Program Studi Belanda FIB UI, Achmad Sunjayadi, dilansir dari KompasTravel, seusai menjajah, Belanda mewariskan banyak khazanah kuliner kepada Indonesia. Salah satunya lapis legit. Lapis Legit dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Hindia (Indonesia) pada zaman penjajahan.

Kue ini muncul di Indonesia (Hindia) karena menggunakan rempah-rempah Indonesia seperti kayu manis. Dulu kue tersebut kerap disebut spekkoek (spekuk), yang diambil dari bahasa Belanda. Tak heran sampai saat ini mudah ditemui racikan bahan untuk membuat Lapis Legit yang bernama spekkoek.

Spek memiliki arti minyak babi yang terlihat berlapis-lapis, dan koek adalah bolu. Nama kunonya bolu lapis, tapi sekarang berkembang menjadi Lapis Legit. Namun, bukan berarti Lapis Legit menggunakan minyak babi untuk bahan adonannya. Wujudnya yang berlapis-lapis, juga bahan dasarnya yang mengandung banyak telur dan mentega membuat Lapis Legit terlihat seperti lapisan lemak babi. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!