X

Jika Tak Seimbang, Bumi Manusia Akan Rusak dan Diambil Alih Oleh 3 Hal Ini

Manusia adalah pemimpin di bumi. Pernyataan ini sepenuhnya benar, dengan catatan manusia tak menjadi makhluk yang serakah dan selalu seimbang dengan alam dan teknologi. Bagaimana tidak, banyak yang meramalkan bahwa bumi akan rusak dalam waktu tak lebih dari 100 tahun.

Ramalan para ahli ini juga digambarkan dalam film Interstellar. Dalam film itu diceritakan pada masa depan, Bumi tidak lagi mampu menopang kebutuhan umat manusia. Ladang pertanian sering rusak akibat hawar, badai debu menerjang daratan dan umat manusia kembali ke peradaban bertani tanpa negara.

Gak cuma di film Interstellar Bumi diramalkan bakal rusak. Di tiga film ini pun bumi juga digambarkan rusak bahkan akan diambil alih oleh tiga hal ini.

  1. Sampah – WALL.E

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 19 Juli 2017 di jurnal Science Advances mengungkapkan, dalam waktu sekitar 30 tahun ke depan jumlah limbah plastik dunia akan meningkat empat kali lipat. Data lainnya adalah Volume sampah di kota-kota besar di dunia saat ini telah menghasilkan 1,3 miliar ton sampah pada setiap tahunnya, dan akan mencapai 2,2 miliar ton pada tahun 2025.

Fakta diambil alihnya bumi oleh sampah ini pernah divisualkan oleh sutradara Andrew Stanton dalam film animasi WALL.E. Dalam film tersebut digambarkan bumi menjadi sangat tercemar oleh sampah-sampah, sehingga ada pengungsian massal dari Bumi selama lima tahun di atas armada kapal luar angkasa.

  1. Hewan – War The Planet of The Apes

Hewan-hewan “dirumahkan” di Kebun Binatang, jauh dari habitat aslinya. Habitat aslinya pun terancam rusak karena pembukaan lahan. Masih ingat kasus penyerangan oleh simpanse di tahun 2009 di Amerika Serikat? Akibatnya wanita itu mengalami kerusakan parah di wajahnya.

Dalam film War The Planet of The Apes pun dikisahkan Caesar (Andy Serkis) dan kaumnya terpaksa menjalani konflik mematikan dengan sekelompok manusia yang dipimpin oleh ‘Colonel’ kejam (Woody Harrelson). Setelah mengalami kekalahan dan kerugian yang tak terbayangkan, ia harus bergulat dengan naluri gelapnya dan memulai sebuah perjalanan untuk membalas dendam atas gugurnya kaum yang ia pimpin. Pertempuran inilah yang akan menentukan nasib dari kedua kelompok spesies dan juga masa depan dari planet ini.

  1. Robot – I Robot

Teknologi memang berkembang sangat cepat. Salah satu pengaplikasiannya adalah adanya robot. Gak cuma di film-film, di beberapa negara seperti Jepang dan Singapura pun menggunakan tenaga robot di industri hingga layanan hotel dan restoran.

Penggunaan robot yang tak terkendali dikisahkan dalam film I Robot. Bersetting di Chicago tahun 2035, kemampuan robot kala itu sudah menyamai manusia. Pada saat itu manusia di seluruh dunia sangat bergantung kepada robot NS 5, dimana robot tersebut bertugas menjadi asisten rumah tangga. Kata “I” mempunyai arti Intelligent, Ideal dan Incredible. (IF)

Be Adventurous, Creative and Positive!