X

3 Tradisi Unik Penyambutan Mahasiswa Baru Di Berbagai Negara

Masa-masa awal kuliah sudah bisa kita gunakan untuk mencari teman baru, mengenal guru atau bahkan nyari gebetan (eh). Tapi ga hanya itu saja D`RIMers, tiga universitas dibawah ini punya tradisi penyambutan mahasiswa baru yang bisa banget buat kamu akrab sama semua elemen kampus dan buat kamu dikenal sama masyarakat sekitar karena hal positif yang dilakukan. Check this out!

1. Membantu Menyelesaikan Masalah Sosial

Nanyang Technology University (NTU) Singapura punya program orientasi mahasiswa yang bagus sekaligus bermanfaat banget untuk lingkungan sekitar nih D`RIMers. Mahasiswa baru nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok (satu kelompok terdiri dari 10-15 orang). Nantinya setiap kelompok akan turun langsung untuk membantu masyarakat sekitar seperti seperti membantu orangtua menyebrang jalan, membersihkan kamar mandi umum sampai membantu petugas di stasiun. Tugas ospek mahasiswa NTU ini dinamakan dengan Kindness Campaign.

Tujuan orientasi ini adalah untuk membuat masyarakat sekitar terbantu  dan tentunya membuat orang-orang tersenyum.

2. Kemah Bersama Seluruh Elemen Kampus

Mahasiswa baru di Reed College akan mengikuti perkemahan selama 1 minggu. Nantinya dalam kegiatan kemah seluruh mahasiswa baru akan dibagi perkelompok yang juga terdiri dari mahasiswa senior, alumni, dosen dan jajaran petinggi universitas. Setiap kelompok kemudian akan menyelesaikan misi yang tersedia di pos-pos sekitar perkemahan mereka.

Di akhir masa perkemahan, akan ada konser kecil yang juga diisi oleh para mahasiswa baru dan seluruh elemen universitas tersebut. Tujuan dari acara ini adalah menyambut mahasiswa baru yang akan menjadi keluarga dari universitas.

3. Menggalang Dana

Salah satu universitas di paman Sam, Universitas Ohio di Amerika serikat juga punya tradisi penyambutan mahasiswa yang ga kalah seru nih D`RIMers. Dalam masa orientasi, seluruh mahasiswa baru membuat konser amal yang digagas dan dikonsepkan sendiri oleh seluruh mereka, tentunya dengan dimbimbing oleh para senior. Nantinya seluruh hasil pembelian tiket di konser itu akan disumbangkan seluruhnya ke yayasan yang membantu pemulihan anak-anak yang menderita penyakit kanker. (PHP)

Keren dan berfaedah banget kan D`RIMers tradisi penyambutan mahasiswa baru diatas.

Be Adventurous, Creative and Positive!